Latest Movie :

Manfaat Tumbuhan Kesambi dalam Proses penyembuhan


Nama File : Manfaat Tumbuhan Kesambi dalam Proses penyembuhan

Ukuran file : 102.18 kB

Tipe : ppt,pdf dan docs

Lisensi : free







Di Indonesia ditemukan dua jenis kesambi yakni, kesambi kerikil dan kesambi kebo (kerbau). Ciri khas perbedaannya terletak pada daun dan kulit batang. Jenis kerikil mempunyai daun yang lebih kecil dan memanjang. Bentuk percabangan liar, dan kulitnya tipis dibandingkan dengan jenis kebo. Sedangkan kesambi jenis kerbau memiliki daun yang melebar pada ujungnya dan kulit kayu yang lebih tebal. Bentuk percabangan teratur dan tegak lurus ke atas.

Tumbuhan ini tersebar di seluruh Asia Tenggara dan di Indonesia dapat ditemukan di ketinggian 0-1.200 meter dari permukaan laut. Salah satu indikator pertumbuhan kesambi adalah jati. Pada wilayah yang ditumbuhi jati liar biasanya diikuti tumbuhnya kesambi. Di Jawa, tanaman kesambi digunakan sebagai tanaman pengisi (sekat bakar) dalam hutan jati. Kayu kesambi mempunyai struktur padat, rapat, kusut sangat keras dan lebih berat dari kayu besi. Karena itu apabila dapat mencapai umur yang lebih matang, kayunya berubah wama dari merah muda menjadi kelabu dan tidak berurat.

Oleh karena itu dulu kesambi banyak digunakan untuk bahan pembuatan jangkar untuk perahu kecil. Bahkan di Kabupaten Bulukumba, kayu kesambi merupakan bahan dasar untuk membuat perahu. Selain itu, kayu kesambi sangat kuat dan keras. Namun demikian, salah satu kelemahannya, kayu kesambi kurang awet. Sehingga sangat unggul sebagai kayu bakar dan pembuatan arang.(Flora.2006).


Untuk mengetahui diskripsi file ini lebih lanjut,file nya silahkan download di atas.
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. EK-11 - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger